banner 728x250

AMAROOD Body Scrub dari Kulit Jambu Biji, Inovasi TIM PKM-K UNNES yang Raih Pendanaan Kemendikbudristek

  • Bagikan
banner 468x60

Semarang – Lima mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil menciptakan suatu inovasi dalam dunia perawatan kulit berupa body scrub dari kulit jambu biji. Mereka menyampaikan ide ini muncul sebagai jawaban terhadap tantangan dalam mengurangi limbah organik, terutama kulit buah yang sering hanya dibuang dan tidak diolah lebih lanjut serta menciptakan produk yang dapat memberikan perubahan salah satunya pada lingkungan. Produk ini juga menjadi alternatif dalam pengolahan limbah menjadi produk yang bernilai tinggi.

Tim yang dipimpin oleh Yuninda Eva Amalia dari FMIPA UNNES ini beranggotakan 4 orang lainnya, diantaranya Tarisa Agustina (FMIPA), Fernanda Sasmita (FK), Rizky Nur Anita (FMIPA), dan Arfina Nur Insani (FEB). Mereka tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) dengan judul “AMAROOD: Nanopartikel Flavonoid EkstraK Kulit Jambu Biji Diperkaya Microbeads Umbi Singkong Sebagai Body Scrub Pencerah Kulit” dan berhasil meraih pendanaan untuk merealisasikan produk inovatif mereka dalam Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

banner 336x280

Body scrub inovatif ini tidak hanya memanfaatkan limbah organik yang sering terabaikan, tetapi juga memberikan solusi perawatan kulit yang efektif. Mereka memilih kulit jambu biji karena kandungan senyawa flavonoidnya yang tinggi yang mampu mencerahkan dan meremajakan kulit. Tak hanya itu, body scrub ini juga dilengkapi dengan umbi singkong sebagai scrub alami yang mampu melawan radikal bebas yang memberikan efek antiinflamasi pada kulit. Mereka menyampaikan, keunggulan produk ini ada pada penggunaan bahan-bahan alami yang pastinya lebih ramah lingkungan dan aman untuk semua jenis kulit. Penelitian yang dilakukan oleh kelima mahasiswa tersebut sudah terlaksana sejak 10 Mei 2024 dan akan terlaksana hingga bulan Agustus 2024.

Proses pengembangan produk ini melibatkan berbagai tahapan, mulai dari pengumpulan bahan, penelitian awal, trial error ,uji coba sediaan hingga produksi skala kecil untuk pengujian pasar. Produk body scrub Amarood ini dikemas dalam ukuran 100 gram dengan aroma vanila. Dengan pendanaan dan dukungan dari Kemendikbudristek, kelima mahasiswa ini berharap produk mereka dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi. Mereka juga berharap supaya produk “Amarood’ ini dapat menjadi salah satu produk unggulan dalam industri perawatan kulit di Indonesia yang tidak hanya menawarkan manfaat kecantikan tetapi juga mengedepankan keberlanjutan lingkungan.

Ingin mencoba produk ini? Anda dapat memesannya melalui :
1. Instagram : @pkmk_amarood
2. Shoope : https://shopee.co.id/amarood.bodyscrub

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close