banner 728x250

Pancasila Ideologi Paling Paripurna

  • Bagikan
banner 468x60

Perjuangan para pendiri bangsa ini ketika itu dengan melalui proses panjang melahirkan negara besar bernama INDONESIA. Negara yang dengan musyawarah mufakat para pendahulu diputuskan ber-Dasar-kan pada Ideologi PANCASILA. Negara yang merupakan negara berbangsa dengan terdiri dari berhimpunnya berbagai Suku Bangsa yang menyatakan diri sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yang pada 17 Agustus 2024 kemarin kita menapaki usia bernegara yang ke-79 tahun tepat hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada konteks negara berbangsa dengan bisa bertahan sejauh ini adalah hal yang luar biasa dengan beragam Suku dan Budaya yang berbeda-beda.

Dalam proses perjalan berbangsa/bernegara, bila timbul perselisihan cara pandang antar warga negara selaku sesama anak bangsa adalah wajar. Baik perbedaan pendapat dalam cara pandang terhadap esensi Idealisme bernegara (Ideologi), ataupun dinamika sosial-masyarakat lainnya. Dinamika ini merupakan bagian dari proses membentuk perspektif bersama dengan tujuan untuk merawat pikiran demi semangat merawat bangsa dan negara. Kita masih butuh perdebatan dalam proses bernegara dengan Suku Bangsa yang beragam ini. Penyatuan berbagai cara pandang dalam mencari win-win solution untuk membenahi dan membangun negeri ini.

banner 336x280

Jika PANCASILA dahulu telah berhasil dilahirkan dan disepakati sebagai landasan kita dalam bernegara. Menurut pandangan saya, tahapan proses terbentuknya PANCASILA sampai dengan hari ini sebagai Dasar Negara, wajib dijunjung dan diterapkan dalam kehidupan bernegara. Kekuatan Nilai PANCASILA dapat mempertahankan keberagaman suku bangsa dengan beragam kepercayaan (agama) dan tradisi budaya yang sangat banyak. Melihat dinamika politik global akhir-akhir ini yang semakin terindikasi cenderung mengintervensi kemerdekaan kedaulatan sebuah negara. Maka hemat saya adalah perlu kita secara bersama merawat PANCASILA sebagai panduan kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menjaga Kedaulatan Rumah Besar kita bersama menuju INDONESIA MAJU.

Arie Waropen
Ketua Umum Solidaritas Generasi Muda-Papua (SGM-P)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close