banner 728x250

Kritisi Gerakan Coblos Semua Paslon, PWNU Jakarta : Tanda Putus Asa & Pesimistis

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta – Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta KH Lutfi Hakim angkat suara terkait isu gerakan coblos semua pasangan calon (paslon) di pilkada Jakarta 2024. Gerakan itu muncul akibat kekecewaan pendukung salah satu yang digadang sebagai calon gubernur Jakarta gagal untuk mengikuti kontestasi Pilkada Jakarta 2024 lantaran tidak diwadahi oleh partai politik.

Kiai Lutfi menilai gerakan tersebut justru mencerminkan sikap putus asa dan pesimistis yang tidak baik dalam demokrasi.

banner 336x280

“Gerakan coblos semua paslon merupakan gerakan putus asa dan pesimistis, yang sangat tidak dianjurkan dalam ajaran Islam. Sudah seharusnya ditolak,” ujar Kiai Lutfi seperti dilansir NU Online Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Kiai Lutfi menilai penyebab gerakan ini didasari oleh sikap politik yang eksklusif, di mana seseorang merasa bahwa tidak ada satupun paslon yang baik atau yang dianggap mampu membawa kebaikan. Ia memandang masyarakat masih menyikapi pilkada dengan menggunakan hati bukan berdasarkan program yang ditawarkan paslon.

“Menurut saya, masyarakat kita di dalam menyikapi Pilkada ini cenderung menggunakan hati, sehingga terjebak dalam persoalan like and dislike, suka atau tidak suka. Sementara tawaran program dari paslon terkadang diabaikan,” jelasnya.

Kiai Lutfi menegaskan momen pilkada Jakarta bukan sebatas memilih berdasarkan rasa suka atau tidak suka terhadap suatu paslon. Pilkada seharusnya dijadikan sebagai ajang adu program dan gagasan untuk kepentingan masyarakat Jakarta. Masyarakat Jakarta juga mempunyai peran penting untuk mengawal dan mengevaluasi pemimpin Jakarta apabila melenceng dari tugas dan fungsinya.

“Padahal dari situ kita bisa menilai arah kebijakan mereka untuk daerah pemilihannya ke depan. Selain itu juga untuk mengevaluasi kinerja mereka saat sudah terpilih,” ujarnya.

Kiai Lutfi mengungkapkan ketika rasa tidak suka mendominasi di hati masyarakat, apapun program yang ditawarkan oleh kontestan pilkada Jakarta tidak akan dianggap baik. Sehingga tidak sedikit di antaranya yang golput atau mencoblos semua paslon yang ada.

“Dampaknya, sudah jelas membuat masyarakat kita semakin tidak tercerahkan sebagai akibat kurangnya edukasi politik oleh para elite dan tokoh kepada mereka,” tegasnya.

Kiai Lutfi mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pilkada Jakarta 2024 ini dengan memilih berdasarkan program dan gagasan yang baik untuk membangun kota Jakarta.

“Saya berharap masyarakat Jakarta menggunakan hak pilihnya dengan baik, mendatangi TPS masing-masing dan mencoblos salah satu pilihannya dengan berdasarkan penilaian terhadap program-program yang ditawarkannya. Jangan Golput!,” tandasnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close