banner 728x250

VRMathGames Karya Tim PKM-RSH FMIPA UNNES, Belajar Matematika Interaktif dengan Nuansa Puri Maerokoco

  • Bagikan
banner 468x60

Semarang – Tim PKM-RSH FMIPA Universitas Negeri Semarang tahun 2024 telah melaksanakan uji coba implementasi media pembelajaran VRMATHGAMES yang berlokasi di SMA Negeri 1 Semarang. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan sebanyak 4 kali pada 16-17 Mei dan dilanjut pada 22 Mei dan pertemuan terakhir pada 6 Juni 2024. Adapun media virtual reality (VR) yang diimplementasikan digunakan siswa dalam pembelajaran materi perbandingan trigonometri dilaksanakan dengan menggunakan model game based learning. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan VR sangat baik sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai rencana.

Kegiatan penelitian ini diinisiasi oleh tim VRMathGames setelah berhasil mendapatkan pendanaan kegiatan PKM setelah mengajukan proposal penelitian kepada Direktorat Belmawa. Adapun dosen pendamping dalam penyelenggaraan penelitian ini adalah Dr. rer. Nat. Adi Nur Cahyono, M. Pd yang berasal dari dosen rumpun ilmu matematika dengan tim PKM-RSH yang diketuai oleh Nida Ulya Awalinda dan anggota tim yaitu Munzid Mahendra, Andy Nova Winasis, Muhammad Khoirul A’mal, dan Fadhil Susetya Nugraha Ramadhan yang merupakan mahasiswa program studi pendidikan matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

banner 336x280

VRMathGames merupakan media pembelajaran interaktif virtual reality yang bernuansa etnomatematika Puri Maerokoco. Media ini dibuat dengan tujuan sebagai inovasi media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan literasi matematis siswa ketika dan setelah mengikuti pembelajaran. Selain itu, media ini juga diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan guru matematika khususnya untuk digunakan oleh siswa ketika mengikuti pembelajaran matematika.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close