banner 728x250

Tawarkan Program Berkualitas, Kuliah di ITB Vinus Bogor Hanya Bayar Rp 1 Juta

  • Bagikan
banner 468x60

BOGOR – Kabupaten Bogor menyimpan potensi ekonomi yang melimpah. Perkembangan wilayah itu, diprediksi akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Kuncinya perlu didorong oleh potensi sumber daya manusia dan akses pendidikan yang terjangkau.

Instititut Teknologi Bisnis Visi Nusantara (ITB Vinus) adalah kampus yang masih terbilang baru di Bojonggede, Kabupaten Bogor.

banner 336x280

Keberadaanya yang strategis dan berdampingan dengan Kota Depok, semakin menambah laju perkembangan Kabupaten Bogor.

Kendati demikian, ITB Vinus memiliki tanggung jawab yang penting untuk berkontribusi dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, di tahun ini, ITB Vinus menyambut baik agenda penerimaan mahasiswa baru di tahun akademik 2024/2025.

Rektor Instititut Teknologi Bisnis Visi Nusantara (ITB Vinus), Zaedi Basiturrozak mengatakan, ini adalah mementum bagi pihaknya dalam menerima calon mahasiswa baru.

Meski kampus baru, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia di Kabupaten Bogor.

Lebih lanjut ia mengatakan, berdirinya ITB Vinus di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor sesuai dengan misi dan visinya untuk memberikan kesempatan kepada semua lapisan masyarakat supaya dapat mengakses pendidikan tinggi dengan biaya terjangkau.

Maka dengan potensi Kabupaten Bogor yang melimpah itu, diharapkan ITB Vinus ikut menyukseskan program pemerintah dalam menekan angka kemiskinan dan pengangguran terbuka.

Artinya bagi mereka yang sudah lulus SMA dan sederajat punya pilihan alternatif untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Hal ini bisa dilihat dari data BPS, pada tahun 2022 bahwa tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Bogor sebanyak 10,64 persen, dan menurun menjadi 8,47 persen di tahun 2023.

Penurunan angka pengangguran terbuka ini perlu disambut baik karena terbukanya lapangan pekerjaan di sektor informal. Karena itu, perlu didorong juga dengan akses pendidikan yang memadai. Terlebih lagi dari catatan BPS Kabupaten Bogor, dengan jumlah penduduk sebasar 5.627.021 jiwa di tahun 2024.

Adapun angka partispasi murni dan angka partisipasi kasar jenjang pendidikan ditingkat SMA dan sederajat pada tahun 2022 sebesar 66,54 persen dan naik sebesar 70,79 persen di tahun 2023.

Dari data tersebut, Zaedi menilai angka partisipasi sekolah di tingkat SMA dan sederajat potensinya relatif berpeluang untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Namun yang mengejutkan, kata dia, Bojonggede merupakan kecamatan dengan jumlah kepadatan penduduk tertinggi dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

Untuk itulah, lanjut Zaedi, ITB Vinus, membuka kesempatan kepada masyarakat untuk bisa berkuliah di kampus ini. Informasinya bisa dicek dari program studi hingga biaya yang dibutuhkan.

“Program studinya meliputi Sistem Informasi, Bisnis Digital dan Kewirausahaan. Program studi tersebut terbuka untuk kelas reguler dan karyawan,” jelasnya.

Adapun biaya kuliah untuk mahasiswa angkatan 2024 untuk program regular sebesar Rp 1 juta per semester (flat selama kuliah), dan uang pendaftaran sebesar Rp 200 ribu, jas almamater Rp 200 ribu (dibayar sekali).

Sementara itu untuk biaya kuliah kelas karyawan Rp 1,8 juta per semester. Sedangkan untuk biaya pendaftaran dan almamater sama seperti program regular.

Saat ini pendaftaran masih dibuka sampai akhir September 2024.

Dengan lokasi kampus yang strategis, Zaedi mengungkapkan masyarakat yang berada di luar Cibinong dan Bojonggede, seperti di Citayam, Kota Depok dan sekitarnya juga bisa menjadikan ITB VINUS sebagai kampus pilihan alternatif.

“Dari sisi jarak tempuh ke lokasi melalui moda transportasi pribadi dan umum sangat ekonomis dan efisien,” tuturnya.

Dari informasi itu, sambungnya, siapa pun memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi diri dan karir di ITB Vinus dengan kurikulum vokasi.

Apalagi teknologi informasi telah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk bisa mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas.

“Dengan segala keterbatasan yang ada, kami membutuhkan dukungan dari pemerintah, sektor swasta dan masyarakat pada umumnya untuk mengembangkan kampus ITB Vinus,” tutupnya seraya mengingatkan kembali kepada calon mahasiswa untuk mengetahui informasi pendaftarannya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close